Rabu, 10 Agustus 2016

Ayo Bangun Bersama


Dalam sebuah kota tentu ada Jalan Raya, trotoar, transportasi umum, layanan kesehatan, dan fasilitas penunjang lainnya untuk sebuah kota. Itu semua disebut infrastruktur. Infrastruktur adalah aspek penting dalam roda perekonomian, karena segala aspek yang ada memerlukan fasilitas untuk melengkapi kemajuan kota. Contohnya, jalan raya. Jika tidak ada jalan raya, otomatis akan sulit untuk mencapai tempat tujuan. Contoh lagi, jika disetiap kota hanya ada satu Rumah Sakit, apa yang terjadi bila pasien yang sedang banyak harus kekurangan kamar karena minimnya fasilitas kesehatan. Oleh karena itu, infrastruktur sangat diperlukan. 

Melihat infrastruktur yang ada di Indonesia, terutama Depok, cukup memadai, tapi tidak digunakan secara tepat. Misalnya, trotoar digunakan untuk berdagang, jalur sepeda digunakan untuk sepeda motor, banyaknya angkutan umum yang berhenti sembarangan membuat macet. Apalagi karena Depok merupakan kota penghubung, yaitu penghubung kota Bogor dan Jakarta.

Alangkah lebih baik jika penggunaan infrastruktur diperbaiki. Kurangi penggunaan kendaraan pribadi dan gunakanlah angkuta  masal, hal ini ditujukan agar terjadi keseimbangan antara luas jalan dengan kendaraan yang dilalui. Lalu, pedagang kaki lima dibuatkan pasar yang lebih tertib agar tidak berjualan di tempat hak para pengguna pejalan kaki, yaitu trotoar. Untuk pelayanan kesehatan dan lampu lalu lintas sudah cukup. Karena ada lebih dari 1 Rumah Sakit yang ada dan untuk rambu lalu lintas dipasang di setiap perempatan maupun pertigaan. Untuk jalan raya sudah baik, namun masih ada jalan yang berlubang.

Dalam pembangunan infrastruktur perlu kerja sama antar masyarakat untuk menjaga infrastruktur yang telah disediakan. Karena, akan percuma bila sudah dibangun infrasturuktur namun tidak dijaga oleh masyarakat.

Karena, nantinya infrastruktur semakin bagus dan baik. Semua itu disebabkan karena kemajuan jaman. Di era jaman sekarang sudah tidak mustahil untuk membuat sesuatu yang berguna dan bermanfaat. Kereta bawah tanah bisa menjadi solusi untuk menghindari kemacetan, namun karena kondisi tanah yang ada di Indonesia tidak memungkinkan, MRT bisa menjadi contoh untuk salah satu infrastruktur sebuah kota, karena bebas dari macet. Tapi, tidak menutup kemungkinan kereta bawah tanah dapat direalisasikan. Dengan cara, membuat pondasi yang kuat dalam mencegah terjadi kejadian longsornya tanah yang akan digunakan kereta bawah tanah.

Semoga infrastruktur di Indonesia secara bertahap akan lebih maju. Dan saya sebagai generasi muda akan turut membangun bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar